Search This Blog

Loading...

Tuesday, August 16, 2011

Orek Tempe




Salah satu makanan favorit .... masaknya gampang dan cepat .... :)

Bahan:
1 papan Tempe potong dadu
3 siung bawang putih geprek iris
6 siung bawang merah iris
5 bh cabe hijau iris serong
4 bh cabe merah iris serong
1/2 bh tomat iris
Kecap manis secukupnya
Garam secukupnya

Cara membuat:
Goreng tempe sampe menguning sisihkan
Tumis semua bumbu sampai matang ... kemudian masukan tempe yang sudah di goreng kasih kecap dan garam aduk rata.
Selesai ...... gampang kaaaaaan ??!!

Friday, August 12, 2011

Sapo Tahu


Sumber: Sajian Sedap

bahan-bahan/bumbu-bumbu :

400 gram tahu sutra yang bulat dipotong 2 cm, goreng sampai berkulit
200 gram udang kupas disisakan ekornya, dikerat punggungnya
200 gram cumi kupas dipotong-potong kotak 4 cm, kerat-kerat
2 buah cabai hijau dipotong bulat 1 cm
3 buah jamur hioko dipotong-potong
6 siung bawang putih dimemarkan, ditumis dalam 1 sendok minyak gor
300 gram sawi putih dipotong-potong
2 batang daun bawang dipotong-potong 1 cm
6 sendok teh tepung kanji dilarutkan dengan 3 sendok makan air


bahan saus:
6 sendok makan saus tiram
3 sendok makan kecap ikan
3 sendok teh minyak wijen
3 sendok makan angciu
1/4 sendok teh merica bubuk
600 ml kaldu ayam

Cara Pengolahan :

  1. Tata 1/3 bagian tahu, udang, cumi, cabai hijau, dan jamur ke dalam mangkuk keramik tahan api. Tambahkan bawang putih tumis.
  2. Masukkan sawi putih dan daun bawang.
  3. Aduk saus tiram, kecap ikan, minyak wijen, angciu, dan merica. Tuang ke dalam mangkuk, tambahkan kaldu.
  4. Panaskan api. Masak hingga matang.
  5. Kentalkan dengan larutan tepung kanji. Masak lagi hingga meletup-letup.

    Untuk 3 mangkuk

    Saturday, June 04, 2011

    Sayur Kacang Merah (Ageun Kacang)



    Ini makanan khas Garut .... sayurnya maniiis ... wangi kayumanisnya menggugah selera ....
    Enak dimakan pakai sambal terasi dan ikan asiiih hmmmmmm maaak nyuuus :D

    Bahan:
    1/2 kg kacang merah

    Bumbu:
    5 siung bawang merah diiris
    2 lembar daun bawang dipotong +/- 2cm
    gula merah agak banyak (sekitar 1 buletan)
    1bh kayu manis
    seiris lengkuas
    2 lembar daun salam
    asam jawa secukupnya (ambil airnya)
    Garam secukupnya

    Cara membuatnya :
    Rebus Kacang Merah 1/2 matang, kemudian masukan semua bumbu didihkan lagi sampai matang.

    Friday, May 20, 2011

    Cumi Goreng Telur Asin


    Sumber: Sajian Sedap

    bahan:
    300 gram cumi , dipotong ring tebal 1 cm
    1 sendok teh air jeruk lemon
    1 sendok teh minyak wijen
    1/2 sendok teh garam
    1/4 sendok teh merica bubuk

    bahan pelapis (aduk rata):
    75 gram maizena
    1/4 sendok teh garam
    1/4 sendok teh merica bubuk
    1/8 sendok teh baking powder
    minyak untuk menggoreng

    bahan saus:
    4 siung bawang putih , dicincang kasar
    4 buah cabai merah keriting , dicincang halus
    4 batang kucai , diiris halus
    2 sendok teh saus tiram
    1/4 sendok teh merica bubuk
    1/4 sendok teh gula pasir
    5 kuning telur asin matang , dihaluskan kasar-kasar
    2 sendok makan margarin untuk menumis

    Cara membuat:

    1. Lumuri cumi dengan air jeruk lemon, minyak wijen, garam, dan merica bubuk. Diamkan 15 menit.
    2. Gulingkan cumi satu per satu di bahan pelapis sampai terbalut rata sambil diangkat-angkat.
    3. Goreng dalam minyak yang dipanaskan di atas api sedang sampai kekuning-an. Sisihkan.
    4. Saus, panaskan margarin. Tumis bawang putih dan cabai merah keriting sampai harum.
    5. Tambahkan kucai, saus tiram, merica bubuk, dan gula pasir. Aduk rata.
    6. Masukkan kuning telur asin. Aduk sampai berbutir. Tambahkan cumi goreng. Aduk sampai terbalut rata.


    (tips) Sesudah cumi dibalut, sebaiknya cumi langsung digoreng agar tidak keras

    Thursday, May 19, 2011

    Siomay




    This is it !!! ..... Somay Bandung ... resep "Syanti Dewi" Punggol-Spore .... hatur nuhun Tie ...... :) Ini Resepnya :

    Siomay
    Bahan :
    300 gr ayam
    200 gr udang
    200-100 gr ikan tengiri (dua2 kantos dicoba yg enak yg 200 gr ikan tengiri)
    2 butir telur
    150gr sagu
    100gr terigu
    2 daun bawang
    1/2 sdt merica bubuk
    3 siung bawang putih,haluskan
    2sdt gula pasir
    1sdm kaldu bubuk
    1sdm minyak wijen
    1 sdm peres garam
    1 sdm ebi yg sudah dihaluskan
    1 buah labu siam,parut halus
    air es secukupnya
    kulit pangsit

    campur ayam,udang dan bahan lainnya kecuali tepung.aduk rata.sesudah itu masukkan tepung .ratakan.beri air es sedikit demi sedikit.adonan jangan terlalu padat supaya hasilnya tidak alot.
    letakkan kulit pangsit di cetakan bolu kukus/gelas cucing/cetakan talam.isikan dengan adonan..lalu kukus hingga matang

    BUMBU KACANG
    Nah, bumbu kacang ini udah gak tau lagi takarannya..kalo bikin pake elmu kira-kira soalnya

    Bumbu halus:
    Bawang merah
    Bawang putih
    Cabe merah
    Rawit merah

    Semua bumbu di kukus setelah lembut haluskan lalu tumis setelah wangi masukan kacang yg udah dihaluskan teh teras aja tambihan air panas (yang banyak,sampai adonan di kuali encer),garam,gula pasir,kecap manis..aduk rata.cicipin sampai rasanya pas..masak dengan api sedang sampai bumbu kacang ini keluar minyaknya.matikan api,

    Thursday, May 05, 2011

    Tekwan



    Kalo ibu dah masak soup ini .... hmmmm laris maneees deeech ...

    Bahan untuk bakso:
    500 grm ikan tenggiri
    250 gram sagu tani
    1sdm terigu
    1bh telur
    garam secukupnya
    air es

    Bahan lainnya
    150 grm jamur kuping iris halus
    100 grm sedap malam diikat biar gk lari hehehehe
    2 bh bengkuang diiris korek api
    3 lembar daun bawang
    200 grm udang dicincang

    Bumbu
    5 siung bawang putih
    merica dan garam secukupnya

    Kuah:
    Sanggrai kepala & kulit udang setelah berubah warna kasih air kur leb 3 liter biarkan mendidih menjadi kalu dan saring sisihkan.

    Cara Membuat:

    Bakso:
    Haluskan ikan tenggiri campurkan dengan tepung sagu,terigu, garem dan telur diaduk sambil ditambahkan air es sedikit2 ....
    Didihkan air .... setelah mendidih ... sendok adonan dg sendok kecil kemudian dibentuk dan direbus ... setelah mengambang itu tandanya sudah matang angkat tiriskan.

    Bahan lain:
    Tumis bawang putih sampai wangi masukan udang setelah berubah warna masukan jamur, bunga sedap malam dan bengkuang, setelah merata masukan ke kaldu udang yang sudah disiapkan jangan kemudian masak kembali sampai mendidih jangan lupa kasih garem dan merica, kalo kira2 bakal sekali abis bakso ikannya bisa langsung dimasukkan demikian juga daun bawang nya.

    Sajikan dengan tambahan bawang putih goreng plus sambal cuka (rawit,cuka+garem)


    Friday, April 08, 2011

    Sup Nano Nano



    Kenapa dibilang Nano-Nano ??? karena semua ada disini.
    Kadang anak2 susah banget kalo makan sayuran .... naah di Sup ini selain sayuran ada juga daging ayam, sosis & telor .... simak resepnya

    Bahan:
    Ayam Fillet (dipotong dadu)
    Sosis Ayam (dipotong dadu)
    Telur (kocok lepas)
    Wortel , Kentang (dipotong dadu)
    Buncis (dipotong 1/2 cm)
    Tomat (potong dadu)
    Daun Bawang & Seledri : secukupnya potong kecil juga
    Merica & Garam secukupnya

    Cara Membuat:
    Rebus ayam sampai 1/2 matang kemudian masukan sosis dan wortel, setelah itu masukan kentang dan buncis .... setelah semua matang masukan kocokan telur aduk ... dan terakhir masukan daun bawang, seledri, tomat, merica dan garam.



    Saturday, November 27, 2010

    Tumis Bunga Pepaya



    Makanan Khas Manado ini ... enak disantap dengan sambal dan bakwan jagung

    Bahan :
    250 gr bunga pepaya
    100 gr daun melinjo yang muda (gk pake jg gpp)
    100 gr teri (karena gk punya ikan cakalang hehehehe)
    50 gr cabe kriting n cabe rawit merah

    Bumbu :
    6 siung bawang merah
    3 siung bawang putih
    1 lembar daun salam
    1 sdt terasi (kalo doyan gk pake jg gpp)
    garam
    gula jawa
    minyak untuk menumis

    Caranya :

    Siangin bunga pepaya, cuci bersih terus rebus 3 kali, biar gak terlalu pait.
    Cuci bersih daun melinjo, iris kasar
    Cuci bersih teri terus goreng
    Cuci bersih cabe kriting dan rawit, iris serong
    Iris halus bawang merah dan bawang putih
    Tumis bawang merah dan bawang putih sampai harum dan matang
    Masukkan cabe dan terasi, tumis ampe cabenya matang
    Masukkan bunga pepaya dan daun melinjo, tumis ampe daun melinjo matang
    Masukkan teri goreng
    Beri garam dan gula sesuai selera
    Bereeees ......