Search This Blog

Loading...

Thursday, April 12, 2007

Awug Cibeunying Neng Eitea .....

Seneng banget dapet resep ini dari MPnya Ei ...... langsung minta izin untuk disimpen disini.
Tks banget Ei ......



Untuk tepung beras bahan awug:

rendam beras yang pulen (jangan beras pera) selama 12 jam, kemudian tiriskan sampai tak ada lagi air menetes. beras ini kemudian aku giling di tukang beras. setelah digiling, takar sebanyak 1,5 kg, ciprati air sampai berbutir2 (seperti kita mau bikin kulit pie atau strussel, adonan jadi berbutir2). kadar air yg dicipratkan tergantung kelembaban tepung beras. agar merata saya pake sprayer dan terus diaduk hingga rata. setelah itu, bungkus dengan kain atau kukusan, kukus selama 15 menit. setelah dikukus, diangkat dan di tebarkan diatas tampah hingga dingin (diresep asli didingin selama 12 jam). Aduk2 agar tidak menggumpal, sampai penampakannya seperti nasi berbutir.dinginkan (saya mendinginkan dari sabtu sore sampai minggu pagi hari). Setelah dingin, ayak dengan saringan kasar (bukan halus). butiran besarnya agar lebih halus saya blender.tepung beras setengahmatang pun siap diolah.


O,ya just info: kalo di tukang beras, biasanya tepung beras yg digiling adalah dari beras pera, kecuali kita pesan dulu.


ini bahan bahan berikutnya yang harus disiapkan:

1,5 kg tepung beras yg sudah diolah setengah matang.
500 gram gula merah disisir halus (aslinya 750 gr, tapi ternyata menurutku terlalu manis)
1 butir kelapa setengah tua, parut memanjang
garam 2 sdt
air 500 ml. (garam dilarutkan dalam air)
beberapa lembar daun pandan


cara membuat:

siapkan kukusan kerucut dan dandang tinggi (seeng kalo orang sunda bilang), didihkan air sampe beruap banyak, bisa juga air kukusan diberi daun pandan agar wangi.

siapkan kukusan bambu, (supaya berdiri saya taruh dipanci kosong yang tinggi).

campurkan 1/2 butir kelapa parut dengan tepung beras, beri air garam sedikit2, aduk hingga lembab dan berbutir2.beri beberapa lembar daun pandan di dinding kukusan., kemudian sendokan gula merah, tepung beras secara berselang seling sampai habis.memberikan lapisan gula merah, jangan terlalu tebal, cukup tipis saja. Sedangkan lapisan tepung beras agak lebih tebal.

lapisan tepung terakhir agak dikumpulkan ditengah jangan melebar ke pinggiran kukusan bambu. tutup dengan daun pisang, setelah itu tutup dengan tutup panci. kukus sampai matang. Cek 15 menit kemudian, lihat apakah sudah padat menyatu, jika belum, berikan waktu 5 menit lagi dan cek kembali. setelah matang angkat, tumpahkan sekaligus diatas tampah atau baskom besar beralas daun pisang. bentuk kerucutnya itu unik...